Studi Kelayakan Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMAN 10 Padang

Studi Kelayakan
Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMAN 10 Padang

I. Pendahuluan

A. Pernyataan Masalah
SMA Negeri 10 Padang merupakan salah satu SMA unggulan di kota Padang. Sebagai sekolah favorit, banyak pelajar lulusan SMP yang ingin mendaftar di SMA Negeri 10 Padang. Pada dasarnya pendaftar harus mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui PPDB yang dimiliki kota Padang (http://padang.demo.siap-ppdb.com), kemudian melaksanakan berbagai tes yang hasilnya dapat dilihat secara online di PPDB kota Padang. Sistem ini sendiri sudah diterapkan sejak beberapa tahun terakhir.
Namun kendalanya pengisian sistem ini bisa saja terdapat kesalahan yang dilakukan oleh orang tua atau calon siswa. Dalam pengumuman hasilnya pun, terkadang kendalanya web tersebut down dan tidak dapat diakses.
Maka demikian dirasa perlunya sistem yang lebih mumpuni baik dalam pengisian berkas maupun pengumuman hasil pendaftaran penerimaan siswa.
B. Lingkungan Implementasi
Sistem pendaftaran ini akan diimplementasikan pada SMA Negeri 10 Padang yang beralamat di Jalan Situjuh Padang, Kota Padang, 25129 dengan alamat situs http://www.sman10pdg.sch.id
C. Batasan
- Merupakan aplikasi berbasis web
- Server disediakan oleh pemerintah kota
- Jumlah pengguna tidak dibatasi
- Tersedia 24 jam

II. Bahan dan Metode
A. Konsep Dasar Sistem
Sistem SIAP ini akan membantu dalam penginputan data yang terintegrasi oleh petugas yang sudah terlatih sehingga meminimalisir adanya kesalahan dalam input data, dan sistem ini akan
B. Studi Kelayakan
Studi kelayakan yang akan digunakan menggunakan beberapa jenis kelayakan, antara lain :
1. Kelayakan Teknik
            Kelayakan teknik meliputi kelayakan hardware dan software. Kelayakan teknik ini mencakup kebutuhan sistem yang telah disusun dari aspek teknologi yang akan digunakan. Dapat disebut juga sebagai kelayakan dari kemampuan, keandalan dan ketersediaan hardware, software, dan jaringan.
2. Kelayakan Ekonomi
            Kelayakan ekonomi sangat berkaitan dengan keuntungan atau kerugian dari efisiensi biaya operasional. Motivasi pengembangan sistem informasi pada organisasi adalah motif keuntugan, sehingga aspek ini menjadi pertimbangan utama dalam pengembangan sistem.
3. Kelayakan Operasional
            Kelayakan operasional berhubungan dengan prosedur operasi dari personil yang menjalankan organisasi. Kelayakan ini mencakup aspek usulan kebutuhan sistem harus benar – benar bisa menyelesaikan masalah yang ada. Sistem yang dihasilkan pun harus sesuai dengan kebutuhan pengguna.


III. Hasil dan Pembahasan

Setelah dilakukan beberapa analisis sesuai dengan kelayakan pada poin sebelumnya, maka hasilnya :
1. Kelayakan Teknik
Kelayakan teknik meliputi kebutuhan sistem yang akan digunakan. Sistem ini berbasis web dan akan membantu dalam pengisian form pendaftaran serta pengumuman siswa baru SMA Negeri 10 Padang.
Kebutuhan hardware sistem adalah sebagai berikut.
<gambar>

Kebutuhan software sistem adalah sebagai berikut
<gambar>.

Referensi :
Sumber 1
Sumber 2

Comments

  1. IGT Is Titanium's expensive, but cheap! - Tatiana's Art Museum
    IGT titanium iphone case is titanium's expensive, but titanium white paint cheap! A new used ford fusion titanium addition omega seamaster titanium to the iGT portfolio. “IGT is the world's largest and most successful, titanium trim reviews

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Contoh Use Case Diagram Perpustakaan