Contoh Use Case Diagram Perpustakaan

Use case diagram adalah suatu model yang dangat fungsional dalam sebuah sistem yang menggunakan actor dan use case. Sedangkan pengertian dari use case sendiri adalah layanan atau fungsi-fungsi yang tersedia pada sistem untuk penggunannya. Pada diagram use case ini, setiap kegiatan digambarkan kedalam sebuah use case berbentuk lonjong dan terdapat minimal seorang aktor.

Pada postingan kali ini, saya akan memberikan contoh use case diagram perpustakaan. Sebagai seorang mahasiswa / pelajar kita tentunya sudah pernah meminjam buku di perpustakaan sebagai literatur pembelajaran.

Contoh diagram use case pada sistem perpustakaan :
Gambar 1.1  Use Case Diagram Sistem Perpustakaan
Pada sistem perpustakaan ini terdapat 4 aktor, yaitu :
  1.  Pustakawan (Librerian)
  2.  Anggota (Member)
  3.  Pengunjung (Visitor)
  4.  Admin

Penjelasan tentang tindakan aktor :
1.      Pengunjung
Seorang pengunjung hanya bisa melakukan pencarian buku dan melihat histori peminjaman. Setiap peminjaman yang dilakukan pengunjung baru bisa diakses jika telah disetujui oleh pustakawan.
2.      Anggota
Setiap anggota perpustakaan dapat melakukan login, pencarian buku, pemesanan buku dan logout. Pemesanan buku oleh anggota meliputi peminjaman yang disetujui oleh pustakawan.
Ketika anggota melakukan login, anggota dapat melakukan histori peminjaman dan manipulasi data buku. Setelah melakukan login anggota juga bisa melakukan logout.
3.      Admin
Hal yang dapat dilakukan admin meliputi login, dimana kegiatan login tersebut bisa melihat histori peminjaman pengunjung dan manipulasi data buku. Selain itu, admin juga bisa melakukan manipulasi data karyawan.
4.      Pustakawan
Seorang pustakawan bisa mengakses peminjaman, dimana peminjaman tersebut meliputi pengembalian buku. Pustakawan juga bisa melakukan pelaporan yang meliputi pelaporan grafik. Dan juga pustakawan bisa mengakses pendaftaran anggota, dan juga logout.

Referensi :
lihat disini :)

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog