Implementasi Mobile Charger Menggunakan Adapter Pattern
Permasalahan dalam membuat sebuah perangkat
lunak dari sejak awal sejarah perkembangan komputer selalu ada. Permasalahan
tersebut dapat berupa hal yang bersifat teknis berhubungan langsung dengan
arsitektur perangkat lunak yang dipakai dan juga bersifat perancangan yang
lebih bersifat umum. Kedua hal tersebut adalah hal yang wajib dalam pembuatan
sebuah perangkat lunak.
adalah sebuah istilah dalam rekayasa perangkat lunak yang mengacu
kepada solusi umum yang dapat digunakan secara berulang kali untuk menyelesaikan
masalah-masalah umum yang ditemukan dalam desain perangkat lunak.
Sebuah pola desain tidak berbentuk solusi akhir yang dapat langsung
diterjemahkan menjadi kode program.
Pola desain merupakan penjelasan atau templat yang menunjukkan
bagaimana cara menyelesaikan sebuah masalah yang kemudian dapat digunakan di
berbagai situasi yang berbeda-beda. Pola desain untuk object-oriented biasanya
menunjukkan relasi dan interaksi antar kelas dan objek, tanpa menjelaskan
kelas dan objek akhir yang terlibat dalam sebuah aplikasi. Algoritma biasanya
tidak disebut sebagai pola desain, karena algoritma menjadi solusi masalah komputasi bukan
masalah desain test.
Pada
postingan kali ini saya akan membahas tentang Adapter Pattern, yang termasuk pada kategori Structural Pattern. Structural
Pattern sendiri merupakan pola yang menyangkut dengan struktur program,
dimana dalam pola ini akan lebih konsen ke class object composite. Structural pattern ini akan banyak
menggunakan pewarisan penggabungan interface dan penjelasan cara untuk
penggabungan object.
Adapter Pattern
Adapter
pattern merupakan pola desain perangkat lunak (bisa disebut sebagai Wrapper,
yaitu nama alternatif yang juga digunakan Decorator pattern) yang mengizinkan
interface class agar digunakan sebagai interface lainnya. Adapter pattern juga
sering digunakan untuk membuat class yang sudah tersedia bekerja dengan yang
lainnya tanpa mengubah / memodifikasi source code yang telah tersedia.
Pada
dasarnya struktur Class Diagram dari Adapter Pattern adalah sebagai berikut.
Adapter
pattern ini diadaptasi oleh class dan object. Layaknya adapter di dunia nyata, pola ini digunakan sebagai interface (antarmuka), jembatan antara
dua objek. Pada kehidupan sehari – hari kita memiliki adapter untuk pengisi
daya, adapter untuk memory kamera,
dll. Umumnya setiap orang telah melihat beberapa adapter pengisi daya. Jika kamu
tidak bisa mengisi daya handphone, kamu tentunya menggunakan adapter.
Studi
kasusnya, saya mengambil Mobile Charger,
dimana kebanyakan charger handphone berupa sebuah kabel USB dan sebuah adapter sebagai
penghubung antara socket listrik dan handphone.
Skema
nya adalah sebagai berikut.
Dimisalkan
handphone pengguna membutuhkan daya
sebesar 9V (volts) agar bisa mengisi daya handphone
namun daya listrik yang tersedia pada umumnya sebanyak 220V. Daya yang
sebanyak itu tidak memenuhi syarat untuk pengisian handphone pengguna, namun pengguna bisa memiliki sesuatu yang bisa
mendapatkan daya 9V dari daya awal 220V, dan tentu saja bisa memberikan suplai
untuk handphone pengguna agar bisa
terisi daya. Disini charger HP bertindak sebagai adapter untuk pengguna. Jadi dasarnya,
adapter sebagai penghubung antara dua interface yang tidak berhubungan. Demikianlah
cara Adapter Pattern bekerja.
Class Diagram untuk Mobile Charger |
Berikut
contoh deklarasi code (penentuan class dan object) dalam .java
ElectricSocket.java
Itarget.java
MobilePhoneCharger.java
MobilePhone.java
Output
From
ElectricSocket MobilePhoneCharger got :120v
MobilePhoneCharger
converted 120v to 9v
Mobile
phone is charging using : 9v
Terima kasih ^^
Sumber:
Comments
Post a Comment