Kerangka Acuan Kerja MPPL

KERANGKA ACUAN KERJA (KAK)

Dibawah ini merupakan contoh Kerangka Acuan Kerja
SISTEM INFORMASI PEMESANAN TIKET KERETA ONLINE
PT. KERETA API PERSERO
CABANG SURABAYA

No.
PERIHAL
PENJELASAN
1.
Latar Belakang
Saat ini, penerapan teknologi semakin berkembang dan mulai merambah ke berbagai sektor. Semua aktivitas yang dilakukan oleh sebuah bidang usaha semakin tidak terlepas dari pengaruh teknologi. Berbagai aplikasi komputer yang banyak ditawarkan memungkinkan banyak pihak menerapkannya di dalam mengelola bidang usahanya.
Dalam sebuah bisnis, customer merupakan faktor yang sangat penting. Untuk itu, diperlukan membina suatu hubungan yang baik antara perusahaan dengan customer. Dengan mempelajari perilaku customer dan keinginan customer, diharapkan perusahaan dapat mengambil langkah - langkah yang tepat untuk meningkatkan pelayanan kepada customer, meningkatkan loyalitas customer, serta meningkatkan pendapatan perusahaan. Peningkatan pelayanan terhadap customer dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain dengan memberikan fasilitas - fasilitas tertentu kepada customer atau dengan memberikan informasi yang cepat, akurat, dan memiliki jangkauan yang luas.
PT. Kereta Api Indonesia (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang menyelenggarakan jasa angkutan kereta api. PT. Kereta Api Indonesia (Persero) selama ini dalam pelayanan tiket kereta api PT.KAI banyak calon penumpang yang terpaksa harus mengantri sampai berjam-jam untuk mendapatkan tiket karena loket yang tersedia di stasiun-stasiun sedikit dan meski sudah mengantri lama ternyata bukan jaminan kalau calon penumpang akan dapat membeli tiket karena dari pihak PT.KAI juga membatasi tiket mengingat jumlah penumpang tidak boleh melebihi batas quota gerbong kereta api.
Saat ini PT. Kereta Api Persero sebenarnya sudah memiliki fasilitas pemesanan tiket kereta api online, namun program yang dikemukakan disini juga tentunya memiliki kelebihan dibanding dengan situs yang telah ada. Sistem informasi pelayanan tiket ini diharapkan mampu memberikan informasi kepada customer mengenai jadwal pemberangkatan, tarif, tempat pengambilan tiket, sampai dengan pemesanan tempat duduk yang dapat dipilih sendiri oleh calon penumpang tersebut. Dengan tampilan yang dibuat sederhana, diharapkan para pengguna semakin merasa lebih mudah mengoperasikan sistem ini.
2.
Maksud dan Tujuan
·         Membuat sistem informasi pelayanan tiket kereta api berbasis web.
·         Membuat sarana informasi bagi calon penumpang untuk melakukan reservasi dan mengetahui jadwal, tarif, dan tempat duduk dalam kereta yang akan dipesan serta yang masih tersedia.
Sasaran
Membangun sistem informasi yang terintegrasi dengan sistem pemesanan tiket kereta api PT. Kereta Api Persero
4.
Nama dan Organisasi Pengguna Jasa
PT. Kereta Api Persero
5.
Sumber Pendanaan
Dana dari PT. Kereta Api Persero sebesar Rp 60.000.000,- (Enam Puluh Juta Rupiah)
6.
Lingkup, Lokasi, Fasilitas dan Ahli Pengetahuan
●     Lingkup kegiatan
1.  Pengembangan fitur-fitur berbasis web :
a.    Menampilkan jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta api.
b.    Menampilkan tempat duduk yang masih bias dipesan serta tarifnya.
2.  Pengembangan database pendukung aplikasi :
a.    Pengembangan struktur database
3.  Menyusun dokumentasi lengkap :
a.    User Requirement
b.    User Interface
c.    Migrasi Data
d.    Testing
e.    Database Dictionary
f.     Database Security
g.    Security level
h.    Form input/output
i.     Source Code yang mudah dipahami oleh pengguna jasa
j.     User manual
4.  Pengadaan Server
●     Lokasi Kegiatan
 PT. Kereta Api Persero cabang Surabaya
7.
Metodologi
Metodologi yang digunakan adalah pendekatan pengembangan sistem dengan model waterfall
8.
Jangka Waktu Pelaksanaan
Jangka waktu pelaksanaan kegiatan ini selama ± 60 kerja dan dilaksanakan proses beta sekurangnya 5 hari kerja.
9.
Kualifikasi
●     Bersedia menandatangani perjanjian kerahasiaan data dan informasi sesuai dengan kebijakan sistem manajemen keamanan informasi
●     Memiliki latar belakang dan pengalaman yang cukup dalam bidang perencanaan dan pembangunan aplikasi berskala besar dan terintegrasi
●     Memiliki pemikiran yang inovatif dan solutif dalam perancangan dan pembangunan aplikasi.
●     Memiliki kemampuan memecahkan masalah dengan cepat dan tepat.
●     Sanggup memberikan jaminan untuk berjalan dan keberhasilan proyek ini sampai 1 tahun seteleh serah terima
●     Memiliki komitmen dan disiplin tanggung jawab dalam bekerja
10.
Tenaga Ahli
a. Project Leader (1 orang)
b. Requirement Analyst (1 orang)
c. System Analyst (1 orang)
d. Interface Designer (1 orang)
e. Lead Programmer (1 orang)
f.  Server Programmer (1 orang)
g. Web Programmer (1 orang)
h. Back - End Programmer (2 orang)
i.  Front - End Programmer (2 orang)
j.  Server Technician (1 orang)
k. Quality Assurance (1 orang)
l.  Support Team (2 orang)
Semua tenaga ahli di atas dapat merangkap beberapa job desk selama memungkinkan
11.
Keluaran
1.      Aplikasi yang dapat di operasikan dan berfungsi sesuai dengan kebutuhan yang telah tertera dalam perjanjian
2.      Dokumentasi hasil analisis desain dan konfigurasi sistem
3.      Program dengan source code
4.      SOP (System Operating Procedure) dan SMP (System Maintenance Procedure)
5.      Petunjuk manual
12.
Pelaporan
a.       Laporan Pendahuluan :
1.      Rencana Kerja
2.      Mobilisasi tenaga kerja ahli dan tenaga pendukung
3.      Jadwal Kegiatan
b.      Laporan mingguan :
1.      Laporan kegiatan setiap bagian anggota.
2.      Tahap pencapaian yang telah diselesaikan
3.      Prosentase total dari keseluruhan proyek
c.       Laporan Akhir :
1.      Laporan Pendahuluan
2.      Laporan Mingguan
3.      Dokumentasi dari pembangunan aplikasi



Sumber :


Comments

Popular posts from this blog

Contoh Use Case Diagram Perpustakaan