MPPL - Manajemen Biaya
Project Cost Manajement atau biasa disebut
dengan manajemen biaya adalah sebuah metode yang menggunakan teknologi untuk
mengukur biaya dan produktivitas melalui siklus hidup penuh proyek, dengan
tujuan bahwa proyek harus dapat diselesaikan.
Cost atau Biaya
adalah semua sumber daya yang harus dikorbankan untuk mencapai tujuan spesifik
atau untuk mendapat sesuatu sebagai gantinya.Biaya pada umumnya diukur dalam
satuan keuangan seperti dollar, rupiah, dsb
TAHAPAN
MANAJEMEN BIAYA
Terdapat 4 tahapan dalam biaya manajemen proyek
yaitu:
- Cost
Planning/ Perencanaan Sumber Daya - menentukan sumber daya (orang,
peralatan, bahan) dan jumlah dari masing-masing Sumber daya yang harus
digunakan untuk melakukan kegiatan proyek.
- Cost
Estimating/ Perkiraan Biaya - mengembangkan perkiraan (estimasi) biaya
dari sumber daya yang diperlukan untuk menyelesaikan kegiatan
proyek.
- Cost
Budgeting/ Penganggaran Biaya - mengalokasikan perkiraan biaya keseluruhan
untuk aktivitas kerja individu.
- Cost Controlling Pengendalian Biaya - pengendalian perubahan anggaran proyek
Referensi
Comments
Post a Comment