Proposal Penawaran Sistem Pemesanan Tiket Kereta Api Online P

LATAR BELAKANG
Saat ini, penerapan teknologi semakin berkembang dan mulai merambah ke berbagai sektor. Semua aktivitas yang dilakukan oleh sebuah bidang usaha semakin tidak terlepas dari pengaruh teknologi. Berbagai aplikasi komputer yang banyak ditawarkan memungkinkan banyak pihak menerapkannya di dalam mengelola bidang usahanya.

Dalam sebuah bisnis, customer merupakan faktor yang sangat penting. Untuk itu, diperlukan membina suatu hubungan yang baik antara perusahaan dengan customer. Dengan mempelajari perilaku customer dan keinginan customer, diharapkan perusahaan dapat mengambil langkah - langkah yang tepat untuk meningkatkan pelayanan kepada customer, meningkatkan loyalitas customer, serta meningkatkan pendapatan perusahaan. Peningkatan pelayanan terhadap customer dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain dengan memberikan fasilitas - fasilitas tertentu kepada customer atau dengan memberikan informasi yang cepat, akurat, dan memiliki jangkauan yang luas.
PT. Kereta Api Indonesia (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang menyelenggarakan jasa angkutan kereta api. PT. Kereta Api Indonesia (Persero) selama ini dalam pelayanan tiket kereta api PT.KAI banyak calon penumpang yang terpaksa harus mengantri sampai berjam-jam untuk mendapatkan tiket karena loket yang tersedia di stasiun-stasiun sedikit dan meski sudah mengantri lama ternyata bukan jaminan kalau calon penumpang akan dapat membeli tiket karena dari pihak PT.KAI juga membatasi tiket mengingat jumlah penumpang tidak boleh melebihi batas quota gerbong kereta api.
Saat ini PT. Kereta Api Persero sebenarnya sudah memiliki fasilitas pemesanan tiket kereta api online, namun program yang dikemukakan disini juga tentunya memiliki kelebihan dibanding dengan situs yang telah ada. Sistem informasi pelayanan tiket ini diharapkan mampu memberikan informasi kepada customer mengenai jadwal pemberangkatan, tarif, tempat pengambilan tiket, sampai dengan pemesanan tempat duduk yang dapat dipilih sendiri oleh calon penumpang tersebut. Dengan tampilan yang dibuat sederhana, diharapkan para pengguna semakin merasa lebih mudah mengoperasikan sistem ini.

MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan tujuan aplikasi ini adalah :
1.    Membuat sistem informasi pelayanan tiket kereta api berbasis web.
2.    Membuat sarana informasi bagi calon penumpang untuk melakukan reservasi dan mengetahui jadwal, tarif, dan tempat duduk dalam kereta yang akan dipesan serta yang masih tersedia.

SASARAN

Sasaran dari aplikasi ini adalah membangun sistem informasi yang terintegrasi dengan sistem pemesanan tiket kereta api PT. Kereta Api Persero

STANDAR TEKNIS
Spesifikasi teknis komponen software yang dibutuhkan untuk pengembangan aplikasi ini adalah :
1.    Aplikasi merupakan platform berbasis web.
2.    Front-end menggunakan HTML, Bootstrap, Javascript
3.    Database menggunakan MySQL yang dapat menyimpan data serta bersifat OpenSource.
4.    Desain modelling menggunakan Adobe Photoshop serta Corel Draw

LINGKUP KEGIATAN
Spesifikasi lingkup kegiatan untuk pengembangan aplikasi ini adalah sebagai berikut.
1.    Tahap analisis kebutuhan, dimana adanya komunikasi antara developer dengan client untuk menentukan apa saja yang harus ada dalam sistem.
2.    Tahap desain tampilan, dimana dibuatnya user interface (UI) dari sistem.
3.    Tahap perancangan database
4.    Tahap analisis dan evaluasi sistem
5.    Tahap implementasi pembangunan sistem
6.    Tahap uji coba sistem
7.    Tahap penyusunan laporan dan dokumentasi sistem.

KELUARAN
Keluaran yang dihasilkan oleh proyek pembuatan Sistem Informasi Pemesanan Tiket Kereta Online PT. Kereta Api Persero adalah :
1.    Aplikasi berbasis web yang dapat dioperasikan
2.    Dokumentasi hasil analisis desain dan konfigurasi sistem
3.    Program dengan source code
4.    SOP (System Operating Procedure) dan SMP (System Maintenance Procedure)
5.    Petunjuk manual

WAKTU PELAKSANAAN KEGIATAN
Waktu pelaksanaan proyek pembuatan Sistem Informasi Pemesanan Tiket Kereta Api Online PT. Kereta Api Persero selambat – lambatnya adalah 2 bulan.

IDENTIFIKASI PERMASALAHAN
1.    Pemesanan sudah dilakukan secara online, namun pengguna masih bingung dengan tampilan
2.    Database yang masih sering error
3.    Masih adanya pemesanan tiket secara manual yang membuat stasiun antri.

PENGALAMAN MEMBANGUN APLIKASI
Beberapa pengalaman kami dalam membangun aplikasi adalah Sistem Infomasi Pemesanan Tiket Bioskop dan Sistem Informasi Peminjaman Ruangan Teknik Informatika ITS.

PENUTUP
Demikan proposal pengajuan aplikasi Sistem Informasi Pemesanan Tiket Kereta Online PT. Kereta Api Persero.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Use Case Diagram Perpustakaan