Kerangka Acuan Kerja MPPL
KERANGKA ACUAN KERJA (KAK)
Dibawah ini merupakan contoh Kerangka Acuan Kerja
SISTEM INFORMASI PEMESANAN TIKET KERETA ONLINE
PT. KERETA API PERSERO
CABANG SURABAYA
No.
|
PERIHAL
|
PENJELASAN
|
1.
|
Latar Belakang
|
Saat ini, penerapan teknologi semakin
berkembang dan mulai merambah ke berbagai sektor. Semua aktivitas yang
dilakukan oleh sebuah bidang usaha semakin tidak terlepas dari pengaruh
teknologi. Berbagai aplikasi komputer yang banyak ditawarkan memungkinkan
banyak pihak menerapkannya di dalam mengelola bidang usahanya.
Dalam sebuah bisnis, customer merupakan
faktor yang sangat penting. Untuk itu, diperlukan membina suatu hubungan yang
baik antara perusahaan dengan customer. Dengan mempelajari perilaku customer
dan keinginan customer, diharapkan perusahaan dapat mengambil langkah -
langkah yang tepat untuk meningkatkan pelayanan kepada customer, meningkatkan
loyalitas customer, serta meningkatkan pendapatan perusahaan. Peningkatan
pelayanan terhadap customer dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain
dengan memberikan fasilitas - fasilitas tertentu kepada customer atau dengan
memberikan informasi yang cepat, akurat, dan memiliki jangkauan yang luas.
PT. Kereta Api Indonesia (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang menyelenggarakan jasa angkutan kereta api. PT. Kereta Api Indonesia (Persero) selama ini dalam pelayanan tiket kereta api PT.KAI banyak calon penumpang yang terpaksa harus mengantri sampai berjam-jam untuk mendapatkan tiket karena loket yang tersedia di stasiun-stasiun sedikit dan meski sudah mengantri lama ternyata bukan jaminan kalau calon penumpang akan dapat membeli tiket karena dari pihak PT.KAI juga membatasi tiket mengingat jumlah penumpang tidak boleh melebihi batas quota gerbong kereta api.
Saat ini PT. Kereta Api Persero
sebenarnya sudah memiliki fasilitas pemesanan tiket kereta api online, namun
program yang dikemukakan disini juga tentunya memiliki kelebihan dibanding
dengan situs yang telah ada. Sistem informasi pelayanan tiket ini diharapkan
mampu memberikan informasi kepada customer mengenai jadwal pemberangkatan,
tarif, tempat pengambilan tiket, sampai dengan pemesanan tempat duduk yang
dapat dipilih sendiri oleh calon penumpang tersebut. Dengan tampilan yang
dibuat sederhana, diharapkan para pengguna semakin merasa lebih mudah
mengoperasikan sistem ini.
|
2.
|
Maksud dan Tujuan
|
·
Membuat
sistem informasi pelayanan tiket kereta api berbasis web.
·
Membuat
sarana informasi bagi calon penumpang untuk melakukan reservasi dan
mengetahui jadwal, tarif, dan tempat duduk dalam kereta yang akan dipesan
serta yang masih tersedia.
|
Sasaran
|
Membangun sistem informasi yang terintegrasi dengan sistem pemesanan
tiket kereta api PT. Kereta Api Persero
|
|
4.
|
Nama dan Organisasi Pengguna Jasa
|
PT. Kereta Api Persero
|
5.
|
Sumber Pendanaan
|
Dana dari PT. Kereta Api Persero sebesar Rp 60.000.000,- (Enam Puluh
Juta Rupiah)
|
6.
|
Lingkup, Lokasi, Fasilitas dan Ahli Pengetahuan
|
● Lingkup kegiatan
1. Pengembangan fitur-fitur berbasis web :
a. Menampilkan jadwal
keberangkatan dan kedatangan kereta api.
b. Menampilkan tempat duduk yang masih bias dipesan
serta tarifnya.
2. Pengembangan database pendukung aplikasi :
a. Pengembangan struktur database
3. Menyusun dokumentasi lengkap :
a. User Requirement
b. User Interface
c. Migrasi Data
d. Testing
e. Database Dictionary
f. Database Security
g. Security level
h. Form input/output
i. Source Code yang mudah dipahami oleh
pengguna jasa
j. User manual
4. Pengadaan Server
● Lokasi Kegiatan
PT. Kereta Api Persero cabang Surabaya
|
7.
|
Metodologi
|
Metodologi yang digunakan adalah pendekatan pengembangan sistem dengan
model waterfall
|
8.
|
Jangka Waktu Pelaksanaan
|
Jangka waktu pelaksanaan kegiatan ini selama ± 60 kerja dan
dilaksanakan proses beta sekurangnya 5 hari kerja.
|
Kualifikasi
|
● Bersedia
menandatangani perjanjian kerahasiaan data dan informasi sesuai dengan
kebijakan sistem manajemen keamanan informasi
● Memiliki
latar belakang dan pengalaman yang cukup dalam bidang perencanaan dan pembangunan
aplikasi berskala besar dan terintegrasi
● Memiliki
pemikiran yang inovatif dan solutif dalam perancangan dan pembangunan
aplikasi.
● Memiliki
kemampuan memecahkan masalah dengan cepat dan tepat.
● Sanggup
memberikan jaminan untuk berjalan dan keberhasilan proyek ini sampai 1 tahun
seteleh serah terima
● Memiliki
komitmen dan disiplin tanggung jawab dalam bekerja
|
|
10.
|
Tenaga Ahli
|
a. Project Leader (1 orang)
b. Requirement Analyst (1 orang)
c. System Analyst (1 orang)
d. Interface Designer (1 orang)
e. Lead Programmer (1 orang)
f. Server Programmer (1 orang)
g. Web Programmer (1 orang)
h. Back - End Programmer (2 orang)
i. Front - End Programmer (2 orang)
j. Server Technician (1 orang)
k. Quality Assurance (1 orang)
l. Support Team (2 orang)
Semua tenaga ahli di atas dapat merangkap beberapa job desk selama
memungkinkan
|
11.
|
Keluaran
|
1. Aplikasi
yang dapat di operasikan dan berfungsi sesuai dengan kebutuhan yang telah
tertera dalam perjanjian
2. Dokumentasi
hasil analisis desain dan konfigurasi sistem
3. Program
dengan source code
4. SOP
(System Operating Procedure) dan SMP (System Maintenance Procedure)
5. Petunjuk
manual
|
12.
|
Pelaporan
|
a. Laporan
Pendahuluan :
1. Rencana
Kerja
2. Mobilisasi
tenaga kerja ahli dan tenaga pendukung
3. Jadwal
Kegiatan
b. Laporan
mingguan :
1. Laporan
kegiatan setiap bagian anggota.
2. Tahap
pencapaian yang telah diselesaikan
3. Prosentase
total dari keseluruhan proyek
c. Laporan
Akhir :
1. Laporan
Pendahuluan
2. Laporan
Mingguan
3. Dokumentasi
dari pembangunan aplikasi
|
Sumber :
Comments
Post a Comment