Proposal Penawaran Sistem Pemesanan Tiket Kereta Api Online P
LATAR BELAKANG
Saat ini, penerapan
teknologi semakin berkembang dan mulai merambah ke berbagai sektor. Semua
aktivitas yang dilakukan oleh sebuah bidang usaha semakin tidak terlepas dari
pengaruh teknologi. Berbagai aplikasi komputer yang banyak ditawarkan
memungkinkan banyak pihak menerapkannya di dalam mengelola bidang usahanya.
Dalam sebuah bisnis,
customer merupakan faktor yang sangat penting. Untuk itu, diperlukan membina
suatu hubungan yang baik antara perusahaan dengan customer. Dengan mempelajari
perilaku customer dan keinginan customer, diharapkan perusahaan dapat mengambil
langkah - langkah yang tepat untuk meningkatkan pelayanan kepada customer,
meningkatkan loyalitas customer, serta meningkatkan pendapatan perusahaan.
Peningkatan pelayanan terhadap customer dapat dilakukan dengan beberapa cara,
antara lain dengan memberikan fasilitas - fasilitas tertentu kepada customer
atau dengan memberikan informasi yang cepat, akurat, dan memiliki jangkauan
yang luas.
PT. Kereta Api
Indonesia (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang menyelenggarakan jasa angkutan kereta api. PT. Kereta Api Indonesia (Persero) selama ini
dalam pelayanan tiket kereta api PT.KAI banyak calon penumpang yang terpaksa
harus mengantri sampai berjam-jam untuk mendapatkan tiket karena loket yang
tersedia di stasiun-stasiun sedikit dan meski sudah mengantri lama ternyata
bukan jaminan kalau calon penumpang akan dapat membeli tiket karena dari pihak
PT.KAI juga membatasi tiket mengingat jumlah penumpang tidak boleh melebihi
batas quota gerbong kereta api.
Saat ini PT. Kereta
Api Persero sebenarnya sudah memiliki fasilitas pemesanan tiket kereta api
online, namun program yang dikemukakan disini juga tentunya memiliki kelebihan
dibanding dengan situs yang telah ada. Sistem informasi pelayanan tiket ini
diharapkan mampu memberikan informasi kepada customer mengenai jadwal
pemberangkatan, tarif, tempat pengambilan tiket, sampai dengan pemesanan tempat
duduk yang dapat dipilih sendiri oleh calon penumpang tersebut. Dengan tampilan
yang dibuat sederhana, diharapkan para pengguna semakin merasa lebih mudah mengoperasikan
sistem ini.
MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan tujuan aplikasi ini adalah :
1. Membuat sistem
informasi pelayanan tiket kereta api berbasis web.
2. Membuat sarana
informasi bagi calon penumpang untuk melakukan reservasi dan mengetahui jadwal,
tarif, dan tempat duduk dalam kereta yang akan dipesan serta yang masih
tersedia.
SASARAN
Sasaran dari aplikasi ini adalah membangun sistem informasi yang terintegrasi dengan sistem pemesanan tiket kereta api PT. Kereta Api Persero
STANDAR TEKNIS
Spesifikasi teknis komponen software yang
dibutuhkan untuk pengembangan aplikasi ini adalah :
1.
Aplikasi merupakan platform berbasis web.
2.
Front-end menggunakan HTML, Bootstrap,
Javascript
3.
Database menggunakan MySQL yang dapat menyimpan
data serta bersifat OpenSource.
4.
Desain modelling menggunakan Adobe Photoshop
serta Corel Draw
LINGKUP KEGIATAN
Spesifikasi lingkup kegiatan untuk pengembangan
aplikasi ini adalah sebagai berikut.
1.
Tahap analisis kebutuhan, dimana adanya
komunikasi antara developer dengan client untuk menentukan apa saja yang harus
ada dalam sistem.
2.
Tahap desain tampilan, dimana dibuatnya user
interface (UI) dari sistem.
3.
Tahap perancangan database
4.
Tahap analisis dan evaluasi sistem
5.
Tahap implementasi pembangunan sistem
6.
Tahap uji coba sistem
7.
Tahap penyusunan laporan dan dokumentasi sistem.
KELUARAN
Keluaran yang dihasilkan oleh proyek pembuatan
Sistem Informasi Pemesanan Tiket Kereta Online PT. Kereta Api Persero adalah :
1.
Aplikasi berbasis web yang dapat dioperasikan
2.
Dokumentasi hasil analisis desain dan
konfigurasi sistem
3.
Program dengan source code
4.
SOP (System
Operating Procedure) dan SMP (System Maintenance Procedure)
5.
Petunjuk manual
WAKTU PELAKSANAAN KEGIATAN
Waktu pelaksanaan proyek pembuatan Sistem Informasi
Pemesanan Tiket Kereta Api Online PT. Kereta Api Persero selambat – lambatnya adalah
2 bulan.
IDENTIFIKASI PERMASALAHAN
1.
Pemesanan sudah dilakukan secara online, namun
pengguna masih bingung dengan tampilan
2.
Database yang masih sering error
3.
Masih adanya pemesanan tiket secara manual yang
membuat stasiun antri.
PENGALAMAN MEMBANGUN APLIKASI
Beberapa pengalaman kami dalam membangun
aplikasi adalah Sistem Infomasi Pemesanan Tiket Bioskop dan Sistem Informasi
Peminjaman Ruangan Teknik Informatika ITS.
PENUTUP
Demikan proposal pengajuan aplikasi Sistem
Informasi Pemesanan Tiket Kereta Online PT. Kereta Api Persero.
Comments
Post a Comment